
rumor square enix dijual – Seperti halnya industri dan bisnis yang lain, proses akuisisi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya memang bukan hal yang asing di industri game. Ia terkadang datang dari dua pihak yang sama-sama berkecimpung di industri yang sama dengan ambisi untuk memperluas pengaruh dan mempertebal portofolio yang ada.
Namun tidak sedikit pula situasi dimana aksi akuisisi ini datang dari sekadar perusahaan investasi. Proses inilah yang kabarnya akan terjadi dengan salah satu perusahaan gaming terbesar Jepang – Square Enix.
Selain itu, benar sekali, Anda tidak salah membacanya. Dengan strategi mirip dengan apa yang ditempuh oleh EA di bawah bendera PIF belum lama ini dimana ia berubah fungsi dan status dari perusahaan publik yang diperdagangkan di pasar saham menjadi kembali sebuah perusahaan private, Square Enix juga dirumorkan akan melewati proses yang sama.
Rumor yang satu ini datang
Rumor yang satu ini datang dari majalah finansial mingguan – Sentaku yang punya kredibilitas yang cukup oke. Dalam laporan terbarunya, mereka mengaku mendengar desas-desus dari sumber yang cukup kredibel bahwa Squaer Enix akan berubah menjadi perusahaan private di masa depan.
Tidak ada kejelasan perusahaan mana yang akan mendorong proses tersebut, namun beberapa investor asing luar Jepang kabarnya sudah mengemukakan ketertarikan mereka. Sayangnya, mereka belum berbagi informasi tambahan kira-kira perusahaan asing mana saja yang dimaksud.

Di sisi lain, yang menarik? Jepang yang terkenal kental budaya tidak tertulisnya seringkali melihat proses akuisisi perusahaan lokal oleh perusahaan asing sebagai sebuah langkah yang tidak populer dan cenderung negatif. Oleh karena itu, ada spekulasi bahwa jika memang rumor ini benar adanya, firma investasi yang akan mengakuisisi Square Enix setidaknya akan melibatkan satu perusahaan Jepang di dalamnya.
Square Enix sendiri masih belum angkat bicara soal rumor yang satu ini. Namun pada saat berita ini ditulis, harga saham Square Enix sudah naik sekitar 8% menjadi 3.200 Yen per lembar karena isu ini.
Bagaimana menurut Anda? Perusahaan mana
Bagaimana menurut Anda? Perusahaan mana yang menurut Anda akan cocok menjadi pemilik baru Square Enix?
Sumber: FivaGame
